081296718180 mastrie90@gmail.com

A. PENGANTAR

Projek PKWU yang akan digunakan di kelas XII merujuk pada buku paket PKWU kelas XII kurikulum merdeka, yang bertujuan untuk memudahkan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Secara umum projek PKWU dikelompokkan menjadi 4 bidang sesuai dengan bidang yang ada di PKWU, yaitu : Budidaya, Kerajinan, Pengolahan dan Rekayasa.

B. STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan berpusat pada siswa, dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL,  yaitu model pembelajaran dengan pemberian tugas proyek terkait dengan kehidupan sehari-hari yang menantang peserta didik untuk mencari kebutuhan atau pemberdayaan masyarakat yang dibutuhkan oleh lingkungan.  Beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Tahapan pembelajaran : peserta didik melakukan observasi-eksplorasi, membuat perencanaan, membuat jadwal kerja proyek, mengerjakan proyek, untuk menyelesaikan masalah/mencari solusi secara bekerja sama/berkelompok, memberikan penilaian produk dan melakukan evaluasi.
  • Pembelajaran berbasis proyek lebih menekankan pada proses pembelajaran dalam mencari solusi sampai akhirnya menghasilkan produk.
  • Pemilihan metode pada PjBL haruslah yang dapat mengaktifkan peserta didik, antara lain ceramah plus bertanya, ceramah plus diskusi, metode karya wisata/eksplorasi lingkungan dalam mendapatkan informasi/pengetahuan, metode penelitian, dan metode eksperimen/praktik dan metode latihan keterampilan.
  • Media pembelajarannya dapat berupa masalah/kebutuhan pemberdayaan masyarakat di lingkungan setempat terkait pengolahan pangan/nonpangan, atau cerita yang memunculkan masalah/kebutuhan lingkungan yang dikemas dengan
    media presentasi power point, model, film transparansi, kunjungan ke lokasi, atau membuat video pembelajaran, media presentasi atau media lainnya.
  • Penilaian mengacu pada Tujuan Pembelajaran sebagai alat ukur keberhasilan pembelajaran peserta didik. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran, yaitu berupa penilaian diagnostik dan penilaian formatif yang ditujukan kepada individu peserta didik maupun per kelompok peserta didik

C. RUANG LINGKUP PROJEK

  • PROJEK BIDANG BUDIDAYA
    • Sistem Produksi Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian) Berdasarkan Analisa Ekologi
    • Sistem Produksi Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian) Berdasarkan Analisa Pemasaran
  • PROJEK BIDANG KERAJINAN
    • Analisa Ragam Kerajinan Nusantara/Mancanegara
    • Penelitian dan Perancangan Produk Kerajinan
    • Proyek Kerajinan Kolaboratif
    • Simulasi Pasar, Magang dan Workshop
  • PROJEK BIDANG PENGOLAHAN
    • Produk Nonpangan Tanaman Herbal
    • Produk Olahan Pangan Oriental
    • Produk Pengawetan Pangan Nabati dan Hewani
  • PROJEK BIDANG REKAYASA
    • Turbidimeter
    • Alat Deteksi Pencemaran Udara
    • Alat Pemilah Sampah
    • Oven Otomatis (OVMA)