081296718180 mastrie90@gmail.com

Alasan utama mengapa Kurikulum perlu berubah, antara lain :

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : kurikulum perlu diperbarui agar dapat mengikuti perkembangan terbaru dan siap menghadapi tuntutan dunia yang terus berubah.
  2. Diversifikasi Keterampilan : kurikulum perlu memberikan keterampilan praktis, seperti keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan pemecahan masalah, dan keterampilan sosial, sebagai bekal untuk mengatasi tantangan kehidupan nyata.
  3. Kebutuhan Sosial dan Budaya : kurikulum perlu mencerminkan perubahan dan mengajarkan nilai-nilai sosial dan penghargaan terhadap keberagaman budaya.
  4. Kebutuhan Inklusi dan Kesetaraan : kurikulum perlu dirancang untuk semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus memiliki akses dan kesempatan untuk belajar.
  5. Penelitian Pendidikan : kurikulum perlu dirancang untuk  meningkatkan efektivitas pembelajaran.
  6. Respons Terhadap Tantangan Global : kurikulum perlu dirancang untuk mencakup pembelajaran tentang tanggung jawab lingkungan, kesehatan mental, dan isu-isu sosial yang penting.
  7. Perubahan Demografi : kurikulum perlu dirancang berdasarkan peningkatan jumlah siswa dengan latar belakang etnis, budaya, dan bahasa yang beragam

Elemen yang harus diperhatikan dalam melakukan perubahan kurikulum agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkan, antara lain :

  1. Identifikasi Keperluan dan Tujuan, yang meliputi :
    • Evaluasi Kurikulum yang Ada : melakukan evaluasi menyeluruh termasuk apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.
    • Identifikasi Tantangan dan Kebutuhan : pendidikan saat ini dan masa depan yang perlu diatasi
    • Menentukan Tujuan : visi yang jelas dan harus sejalan dengan misi pendidikan yang lebih luas.
  2. Keterlibatan Stakeholder : melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orangtua, pengurus sekolah, dan ahli pendidikan, untuk mendapatkan masukan dan perspektif yang beragam.
  3. Analisis Tantangan dan Peluang, meliputi :
    • Identifikasi Tantangan : menganalisis hambatan dan tantangan selama proses perubahan kurikulum.
    • Penyelarasan dengan Standar : harus sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku di tingkat lokal, nasional, atau internasional.
  4. Perencanaan dan Desain, meliputi :
    • Pembentukan Tim Kerja : komite yang bertanggung jawab atas perubahan kurikulum.
    • Rancangan Kurikulum : yang mencakup struktur, isi, metode pengajaran, penilaian, dan sumber daya yang dibutuhkan.
  5. Sumber Daya dan Implementasi, meliputi :
    • Pengalokasian Sumber Daya : mencakup anggaran, pelatihan, atau fasilitas fisik.
    • Rencana Implementasi : mencakup tahapan, jadwal waktu, dan langkah-langkah konkret untuk menerapkan perubahan kurikulum.
  6. Evaluasi dan Pengembangan Berkelanjutan, meliputi :
    • Sistem Evaluasi : menentukan cara untuk terus memantau dan mengevaluasi efektivitas kurikulum, serta melakukan perbaikan berkelanjutan.
    • Pembelajaran dari Pengalaman : menggunakan pengalaman pelaksanaan perubahan kurikulum sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran untuk masa depan.
  7. Komunikasi dan Keterlibatan Masyarakat : mengkomunikasikan perubahan kurikulum kepada semua pihak yang terlibat, serta melibatkan masyarakat
  8. Kepemimpinan dan Dukungan : memastikan adanya kepemimpinan yang kuat dari pihak sekolah, pemerintah yang mendukung perubahan kurikulum.

Dengan demikian, perubahan dalam kurikulum adalah suatu keharusan agar pendidikan dapat tetap relevan dan efektif dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan.

Untuk Umpan Balik silahkan isi formulir dibawah ini atau lihat disini…… :

UNTUK MELIHAT HASIL SERTIFIKAT PMM PERUBAHAN KURIKULUM

UNTUK MELIHAT HASIL SERTIFIKAT PMM KURIKULUM MERDEKA