081296718180 mastrie90@gmail.com

Scratch merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan Lifelong Kindergarten Group MIT (Massachusetts Institute of Technology) Media Lab, Amerika Serikat. Scratch merupakan bahasa visual yaitu pembuatan proyek dengan menggunakan perantara berupa gambar dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle yang didesain untuk memperkenalkan konsep-konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang . Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games serta tersedia dalam online dan offlineUntuk mengakses scratch dapat dilakukan secara online di https://scratch.mit.edu/  dan offline dengan menginstal scratch di komputer. Adapun langkah instalasi scratch sebagai berikut :

  • Download scratch di https://scratch.mit.edu/download
  • Klik kanan pada aplikasi yang telah didownload, pilih run administrator, lalu klik yes
  • Pilih untuk everyone (all user), lalu klik install dan ikuti instruksinya sampai selesai
  • Centang run stracth dan klik finish

Komponen scratch, meliputi :

  • Halaman Utama Scratch, terdiri dari :
BAGIAN SCRATCH FUNGSI
LANGUAGE Untuk mengubah bahasa
SAVE Untuk menyimpan project
SHARE Untuk berbagi file
BLOCK PALETTE Blok untuk memprogram sprite
SCRIPTS AREA Tempat untuk meletakkan blok. Drag blok kedalam, tempelkan bersama script lainnya
SPRITE LIST Tempat semua sprite yang digunakan. Klik untuk memilih dan mengedit sebuah sprite
NEW SPRITE BUTTONS Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.
STAGE Tempat untuk melihat cerita, animasi atau game yang telah dibuat
STOP SIGN Untuk menghentikan semua script
GREEN FLAG Untuk menjalankan script yang telah dibuat
PRESENTATION MODE Untuk menampilkan project kita
VIEW MODE Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil
  • Scratch Block, terdiri dari delapan kategori yang berbeda dan ditandai oleh delapan warna yang berbeda, meliputi :
    • Motion,
1 Menggerakkan sprite maju atau mundur
 2 Menggerakkan sprite dalam arah tertentu (0 – ke atas, 90 = ke kanan, 180 = ke bawah, -90 = ke kiri)
 3 Menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage
 4 Menggerakkan sprite ke arah mouse-pointer atau ke arah sprite lainnya
 5 Memutar sprite searah jarum jam
 6 Memutar sprite berlawanan arah jarum jam
    • Looks
  •  7 Menukar sprite dengan costume yang lain
     8 Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan dan dibatasi waktu
     9 Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan tanpa terbatas oleh waktu
     10 Mengatur ukuran sprite dalam persentase tertentu
     11 Memunculkan sprite pada stage
     12 Menyembunyikan sprite dari stage
    • Sound
  • 13 Memulai memainkan suara
     14 Memainkan suara dan tunggu sampai suara selesai dimainkan sebelum berlanjut ke blok berikutnya
     15 Menghentikan semua suara yang sedang dimainkan
     16 Mengatur volume suara sprite dalam persentase tertentu
     17 Mengubah tempo sprite dalam ukuran tertentu
    • Pen
  •  18-2 Menghapus semua tanda pena dan stamp dari stage
     19-2 Mengatur warna pena berdasarkan pilihan dari color picker
     20-2 Mengatur warna pena untuk nilai tertentu. (misalkan pen_color = 0 merah pelangi, pen_color = 100 biru pelangi. Interval  dari 0 sampai 200 untuk menentukan variasi warna.)
     21-2 Mengubah ketebalan pena
     22-2 Mengatur ketebalan pena
    • Control
  • 23 Menjalankan script ketika bendera hijau diklik
     24-2 Menjalankan script ketika key tertentu (misal tombol arah kanan pada keyboard) ditekan
     25 Menunggu selama waktu (detik) yang telah ditentukan, kemudian berlanjut dengan blok berikutnya.
     26 Menjalankan script didalam blok secara berulang-ulang
     27-2 Mengirim pesan ke semua sprite, kemudian dilanjutkan dengan blok berikutnya.
     28-2 Jika kondisi yang diberikan benar maka script didalam blok dijalankan secara berulang-ulang
     29-2 Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang ada didalam
     30-2 Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang di bagian if. Jika tidak, jalankan blok yang di bagian else
     31-2 Memeriksa apakah kondisi yang diberikan salah. Jika demikian, jalankan blok yang ada didalam dan dicek kembali. Jika kondisi benar, berlanjut ke blok berikutnya
     32 Menghentikan script
     33-2 Menghentikan semua script yang berada di semua sprite
    • Sensing
  • 34 Laporan benar jika sprite menyentuh sprite tertentu, tepi garis atau mouse-pointer
    Laporan benar jika sprite menyentuh warna tertentu
     36 Mengajukan pertanyaan pada layar dan memasukkan input dari keyboard kedalamProgram akan menunggu sampai tombol Enter ditekan atau tanda centang diklik.
     38 Mengatur waktu menjadi 0
     39 Melaporkan waktu dalam hitungan detik
     40 Melaporkan variabel dari sprite lain
    • Operators
  •  41 Penjumlahan dua bilangan
     42 Pengurangan dua bilangan
     43 Perkalian dua bilangan
     44 Pembagian dua bilangan
     45 Mengambil bilangan bulat dalam kisaran tertentu
     46 Menggabungkan string
    • Variables
  • 47 Klik untuk membuat variabel baru
     48 Menghapus semua blok yang berhubungan dengan variabel
     49 Mengubah variabel dengan jumlah yang ditentukan
     50 Mengatur variabel ke nilai yang ditentukan
     51 Menunjukkan variabel pada stage
     52 Menyembunyikan variabel dari stage

Adapun langkah membuat game atau aplikasi di scratch, sebagai berikut :

  • Mencari Ide, dengan cara bertukar pikiran atau brainstorming, mengidentifikasi tujuan dan jenis dari permainan dan apa yang membuat game tersebut sulit dan menantang.
  • Tambah Latar Belakang, diawali dengan menambahkan latar belakang, pilih tombol ‘Choose a backdrop’  untuk menemukan opsi latar belakang, atau Unggah latar belakang yang dimiliki dengan klik tombol ‘Upload’.
  • Tambahkan Sprite, merupakan elemen penting untuk game di Scratch, dapat dibuat khusus atau memilih opsi yang tersedia.
  • Masukkan Kode, kode pertama yang perlu ditambahkan adalah kapan pemain harus memulai, yaitu dengan menambahkan bendera hijau. Selanjutnya, masukkan kode-kode lain yang dibutuhkan dalam permainan yang dibuat hingga selesai. Pemain bisa melihat pratinjau game yang selesai dibuat apakah kode sudah sesuai atau belum.
  • Tambahkan Suara, Tambahkan juga suara agar game lebih hidup. Pengguna bisa menambahkan suara efek dan latar belakang game.
  • Simpan, game yang sudah dibuat dan membagikan game di situs masing-masing agar bisa dimainkan banyak orang.

 

AKSI NYATA

  • Tema : Dunia Hewan
  • Latar Belakang : Jungle
  • Sprite : Gajah, Kuda, Burung
  • Kode : Event, Motion, Looks, Sound
  • Suara : Pop, Horse, Bird
  • Simpan : klik file, klik save to your computer
  • Publish : buka file yang disimpan di komputer di scratch online, klik publish,
  • link : https://scratch.mit.edu/projects/1112302523