081296718180 mastrie90@gmail.com

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) merupakan indikator/kriteria yang menunjukan siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran, yang berisi deskripsi tentang kompetensi yang harus dikuasi siswa dan bukan merupakan kriteria ketuntasan minimal (KKM), KKTP bermanfaat untuk memberikan informasi komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. sebagai acuan dalam penyusunan instrumen asesmen agar tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai/Ada 3 pendekatan dalam menyusun KKTP, yaitu :

  1. Deskripsi Kriteria, dimana tiap indikator atau kriteria ketuntasan yerdiri dari 2 kriteria, yaitu memadai dan belum memadai
  2. Rubrik, dimana tiap indikator atau kriteria ketuntasan yerdiri dari 4 jenjang, yaitu baru berkembang, layak, cakap dan mahir
  3. Interval Nilai, dimana tiap indikator atau kriteria ketuntasan yerdiri dari 4 interval, yaitu 0-40, 41-65, 66-85 dan 86-100

Sedangkan teknik yang digunakan dalam menyusun KKTP, dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

  1. Merancang KKTP dari awal, dilakukan secara mandiri atau berkolaborasi
  2. Memodifikasi KKTP dari yang ada, dilakukan dengan memodifikasi KKTP yang ada disesuaikan dengan lingkungan belajar

Adapun tahapan menyusun KKTP, sebagai berikut :

  • Tahapan identitas, meliputi satuan pendidikan, mapel, fase dan kelas
  • Tahapan Capaian pembelajaran berisi capaian pembelajaran sesuai tingkatan fase
  • Tahapan elemen capaian pembelajaran, berisi elemen capaian pembelajaran sesuai tingkatan fase
  • Tahapan KKTP, berisi tujuan pembelajaran dan indikator/kriteria ketercapainnya serta pendekatan yang digunakan apakah deskripsi kriteria, rubrik atau interval nilai
  • Tahapan pedoman KKTP, berisi pedoman deskripsi KKTP dan intervensinya

 

STUDI KASUS : MERANCANG/MEMODIFIKASI KKTP MAPEL PKWU

Untuk Umpan Balik silahkan isi formulir dibawah ini atau lihat disini…… :

UNTUK MELIHAT SERTIFIKAT PMM KKTP