A. PENGANTAR
Projek PKWU yang akan digunakan di kelas XI merujuk pada buku paket PKWU kelas XI kurikulum merdeka, yang bertujuan untuk memudahkan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Secara umum projek PKWU dikelompokkan menjadi 4 bidang sesuai dengan bidang ayng ada di PKWU, yaitu : Budidaya, Kerajinan, Pengolahan dan Rekayasa.
B. STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan berpusat pada siswa, dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL, yaitu model pembelajaran dengan pemberian tugas proyek terkait dengan kehidupan sehari-hari yang menantang peserta didik untuk mencari kebutuhan atau pemberdayaan masyarakat yang dibutuhkan oleh lingkungan. Beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
-
-
- Tahapan pembelajaran : peserta didik melakukan observasi-eksplorasi, membuat perencanaan, membuat jadwal kerja proyek, mengerjakan proyek, untuk menyelesaikan masalah/mencari solusi secara bekerja sama/berkelompok, memberikan penilaian produk dan melakukan evaluasi.
- Pembelajaran berbasis proyek lebih menekankan pada proses pembelajaran dalam mencari solusi sampai akhirnya menghasilkan produk.
- Pemilihan metode pada PjBL haruslah yang dapat mengaktifkan peserta didik, antara lain ceramah plus bertanya, ceramah plus diskusi, metode karya wisata/eksplorasi lingkungan dalam mendapatkan informasi/pengetahuan, metode penelitian, dan metode eksperimen/praktik dan metode latihan keterampilan.
- Media pembelajarannya dapat berupa masalah/kebutuhan pemberdayaan masyarakat di lingkungan setempat terkait pengolahan pangan/nonpangan, atau cerita yang memunculkan masalah/kebutuhan lingkungan yang dikemas dengan
media presentasi power point, model, film transparansi, kunjungan ke lokasi, atau membuat video pembelajaran, media presentasi atau media lainnya. - Penilaian mengacu pada Tujuan Pembelajaran sebagai alat ukur keberhasilan pembelajaran peserta didik. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran, yaitu berupa penilaian diagnostik dan penilaian formatif yang ditujukan kepada individu peserta didik maupun per kelompok peserta didik
-
C. RUANG LINGKUP PROJEK
-
- PROJEK BIDANG BUDIDAYA
- Sistem Produksi Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian) Berdasarkan Analisa Ekonomi dan Teknologi
- Kegiatan Produksi Budi Daya Berdasarkan Analisa Teknologi dan Evaluasi Keberhasilan dan Kegagalan Budi Daya (Peternakan, Perikanan, dan Pertanian)
- PROJEK BIDANG KERAJINAN
- Analisa Ragam Kerajinan Nusantara
- Pengolahan danPerancangan Produk Kerajinan
- Pengemasan Produk Kerajinan
- Produksi Karya Kerajinan Komersil
- Pemasaran Produk Kerajinan Lokal
- Refleksi Kegiatan Pembelajaran
- PROJEK BIDANG PENGOLAHAN
- Hidangan Lauk Pauk Khas Daerah
- Produk Eco Enzyme (Pengolahan Kulit Buah, Buah dan Sayur menjadi Pupuk Cair dan Pembersih Natural)
- Produk Olahan Pangan Kontinental
- Produk Nonpangan dari Hasil Perkebunan
- PROJEK BIDANG REKAYASA
- POWER BANK SEL SURYA (PBSS)
- POMPA GALON ELEKTRIK
- BIOGAS RUMAH TANGGA
- KOMPOSTER
- PROJEK BIDANG BUDIDAYA