A. PENGANTAR
Projek PKWU yang akan digunakan di kelas X merujuk pada buku paket PKWU kelas X kurikulum merdeka, yang bertujuan untuk memudahkan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Secara umum projek PKWU dikelompokkan menjadi 4 bidang sesuai dengan bidang ayng ada di PKWU, yaitu : Budidaya, Kerajinan, Pengolahan dan Rekayasa.
B. STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan berpusat pada siswa, dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL, yaitu model pembelajaran dengan pemberian tugas proyek terkait dengan kehidupan sehari-hari yang menantang peserta didik untuk mencari kebutuhan atau pemberdayaan masyarakat yang dibutuhkan oleh lingkungan. Beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
-
-
- Tahapan pembelajaran : peserta didik melakukan observasi-eksplorasi, membuat perencanaan, membuat jadwal kerja proyek, mengerjakan proyek, untuk menyelesaikan masalah/mencari solusi secara bekerja sama/berkelompok, memberikan penilaian produk dan melakukan evaluasi.
- Pembelajaran berbasis proyek lebih menekankan pada proses pembelajaran dalam mencari solusi sampai akhirnya menghasilkan produk.
- Pemilihan metode pada PjBL haruslah yang dapat mengaktifkan peserta didik, antara lain ceramah plus bertanya, ceramah plus diskusi, metode karya wisata/eksplorasi lingkungan dalam mendapatkan informasi/pengetahuan, metode penelitian, dan metode eksperimen/praktik dan metode latihan keterampilan.
- Media pembelajarannya dapat berupa masalah/kebutuhan pemberdayaan masyarakat di lingkungan setempat terkait pengolahan pangan/nonpangan, atau cerita yang memunculkan masalah/kebutuhan lingkungan yang dikemas dengan
media presentasi power point, model, film transparansi, kunjungan ke lokasi, atau membuat video pembelajaran, media presentasi atau media lainnya. - Penilaian mengacu pada Tujuan Pembelajaran sebagai alat ukur keberhasilan pembelajaran peserta didik. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran, yaitu berupa penilaian diagnostik dan penilaian formatif yang ditujukan kepada individu peserta didik maupun per kelompok peserta didik
-
C. RUANG LINGKUP PROJEK
-
- PROJEK BIDANG BUDIDAYA
- Budi Daya Tanaman Pangan dan Pemanfaatan Limbahnya
- Budi Daya Ikan Konsumsi Air Tawar
- Pemanfaatan Limbah Budi Daya Ternak
- PROJEK BIDANG KERAJINAN
- RAGAM HIAS NUSANTARA PADA PRODUK FESYEN
- PRODUK AKSESORIS INTERIOR NUSANTARA
- PRODUK AKSESORIS EKSTERIOR DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN LOKAL
- PROJEK BIDANG PENGOLAHAN
- Bahan Pangan Nabati: Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan
- Wangi Alami dengan Pangan Nabati
- Bahan Pangan Hewani: Lezat dan Bergizi
- Ayo Manfaatkan Bahan Nonpangan Hewani
- PROJEK BIDANG REKAYASA
- LAMPU SENSOR SUARA
- PENDETEKSI HUJAN
- ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS
- ALAT PAKAN OTOMATIS
- PROJEK BIDANG BUDIDAYA