Canva merupakan program desain online yang dapat diakses dilaman https://www.canva.com/, yang dapat digunakan untuk perancangan media pembelajaran interaktif, yang mampu melaksanakan aktivitas secara mandiri yang dilakukan dari kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun. dan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam
mempersiapkan media dan mempermudah dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Media Canva juga dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami pelajaran, karena dapat menampilkan teks, audio, gambar, video, animasi grafik, yang bersifat interaktif dengan tampilan yang menarik. Canva dapat membantu membuat desain proses pembelajaran yang diinginkan tanpa harus mendesain dari awal dan tanpa perlu menginstal aplikasinya, berisi alat dengan desain dan animasi yang mudah digunakan
Dalam pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan aplikasi Canva, menggunakan model 4D (Four D Model), yang meliputi :
- Tahap Pendefenisian (Define), berfungsi unruk mengidentifikasi dan mendefinisikan berbagai sumber informasi yang relevan dengan media yang akan dirancang, meliputi 3 langkah berikut :
- Analisis Awal, hasil observasi masalah dasar yang terjadi pada mata pelajaran
- Analisis Peserta Didik dan Kurikulum, untuk mengetahui karakteristik peserta didik. mengkaji Capaian
Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP), serta membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) - Merumuskan Tujuan, untuk mendapatkan suatu perubahan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran,
- Tahap Perancangan (Design), untuk menyusun kerangka isi media yang ditampilkan dalam setiap slide
terdiri dari cover, petunjuk penggunaan, CP dan ATP, materi, serta kuis, langkahnya sebagai berikut :- Tampilan awal (Cover), terdapat keterangan yang berisikan judul, dan keterangan serta ilustrasi
gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang bertujuan untuk minat belajar peserta didik, juga terdapat tombol “START”, yang diarahkan atau masuk menu selanjutnya yaitu menu utama. - Tampilan Menu Utama, membuat menu-menu yang ditampilkan, yaitu : Menu Profil, Menu Petunjuk Penggunaan, dan Menu elemen-elemen berisikan : CP dan ATP, materi dan kuis.
- Tampilan Menu Profil, menampilkan identitas pengajar yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna terkait pembuatan media pembelajaran,
- Tamipilan Petunjuk Penggunaan, berisi fungsi-fungsi dari tombol-tombol yang digunakan dalam media
pembelajaran ini, sehingga mempermudah peserta didik untuk memahami penggunaan media. - Tampilan Menu Pilihan Elemen, berisikan tiga tombol menu yang mengarahkan kepada Capaian Pebelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran (CP dan ATP), menu materi serta menu kuis., seperti :
- Menu CP dan ATP, merupakan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari,
- Menu Materi, Pemilihan isi materi disesuaikan dengan CP dan ATP, tiap materi memiliki poin
materi ajar yang berbeda-beda. Materi dapat dibaca dan dipahami oleh peserta didik serta
video pembelajaran ditonton, dipraktekan dan dicermati, - Menu Kuis, bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran
- Tampilan awal (Cover), terdapat keterangan yang berisikan judul, dan keterangan serta ilustrasi
- Tahap Pengembangan (Development), Proses tahapan uji validasi dilakukan dengan cara menyebar angket yang akan diisi oleh para ahli yang menilai aspek media (tampilan) dan aspek materi (isi). Selanjutnya dilakukan uji coba produk atau uji praktikalitasnya. Subjeknya peserta didik dengan memberikan angket pada
masing-masing peserta didik untuk memperoleh hasil dari produk yang telah di uji cobakan. - Tahap Disseminate (Penyebaran), setelah dilakukan analisa validitas dan realibilitas dan hasilnya baik, maka media pembelajaran siap untuk disebarkan atau digunakan dalam pembelajaran, yang meliputi :
- Klik share pilih website kemudian klik public website dan klik view website untuk melihat hasilnya
- copy alamat website dan bagikan
AKSI NYATA
MPI BMC by Yuniarto Triadi
LINK : MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BMC