081296718180 mastrie90@gmail.com

Merujuk pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemenristek Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 Tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Jenjang DIKDAS dan DIKMEN pada Kurikulum Merdeka, Tanggal 4 September 2023. Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran PKWU untuk jenjang SMA untuk Fase F (Kelas XI dan XII) yang berubah hanya 3 Bidang yaitu :

  • BIDANG BUDI DAYA, Pada akhir Fase F Peserta didik mampu mengembangkan sistem produksi budi daya berdasarkan proposal rancangan usaha melalui analisis kebutuhan, kelayakan pasar, kajian ilmiah, dan mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media sosial, virtual, maupun visual serta mengevaluasi, memberikan kritik dan solusi pengembangan produk budi daya sesuai dengan nilai kewirausahaan/dampak lingkungan/teknologi, Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut :
NO ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Observasi dan Eksplorasi Peserta didik mampu mengeksplorasi sistem produksi budi daya bernilai ekonomis dari berbagai sumber, berdasarkan analisis ekonomi, pemanfaatan teknologi, ekosistem dan pemasaran dari berbagai sumber
2 Desain/Perencanaan Peserta didik mampu mengembangkan sistem produksi budi daya dalam bentuk proposal usaha melalui analisis berdasarkan kajian ilmiah, pemanfaatan teknologi, ekosistem dan analisis kebutuhan pasar sesuai potensi lingkungan/kearifan lokal
3 Produksi Peserta didik mampu mengembangkan sistem produksi budi daya yang aman berbasis usaha berdasarkan proposal usaha dan ditampilkan dalam bentuk pengemasan yang kreatif-inovatif serta bertanggung jawab mempromosikan secara visual dan virtual
4 Refleksi dan Evaluasi Peserta didik mampu memberikan penilaian, argumentasi dan rekomendasi pengembangan sistem produksi budi daya yang aman berdasarkan kajian mutu, teknologi budi daya, ekosistem dan ekonomi, serta dampak lingkungan/budaya.
  • BIDANG KERAJINAN, Pada akhir Fase F peserta didik mampu membuat dan/atau mengembangkan produk kerajinan nusantara dan/atau mancanegara yang bernilai ekonomis berdasarkan proposal usaha, dan dipasarkan dengan memanfaatkan media informasi dan komunikasi yang tersedia. Peserta didik mampu memberikan penilaian, argumentasi dan rekomendasi terhadap pengembangan produk kerajinan berdasarkan analisis nilai ekonomis dan/atau teknologi produksi dan/atau dampak lingkungan, Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut :
NO ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Observasi dan Eksplorasi Peserta didik mampu mengeksplorasi produk kerajinan nusantara dan/atau mancanegara berdasarkan analisis nilai ekonomis dan/atau teknologi produksi dan/atau dampak lingkungan.
2 Desain/Perencanaan Peserta didik mampu merancang produk kerajinan nusantara dan/atau mancanegara yang ekonomis dalam bentuk proposal usaha.
3 Produksi Peserta didik mampu mengembangkan dan memasarkan produk kerajinan nusantara dan/atau mancanegara berdasarkan proposal usaha.
4 Refleksi dan Evaluasi Peserta didik mampu memberikan penilaian, argumentasi, dan rekomendasi produk kerajinan nusantara dan/atau dan mancanegara berdasarkan analisis nilai ekonomis dan/atau teknologi produksi dan/atau dampak lingkungan.
  • BIDANG REKAYASA, Pada akhir Fase F pesertadidik mampu membuat produk rekayasa teknologi terapanĀ  berdasarkan proposal rancangan produk yang dihasilkan melalui kajian ilmiah, analisis kebutuhan dan kelayakan fungsi serta mempresentasikan produk melalui media informasi dan komunikasi yang tersedia. Pada fase ini peserta didik mampu memberikan penilaian, argumentasi dan rekomendasi berdasarkan analisis dampak lingkungan/teknologi terapan dan nilai ekonomis. Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut :
NO ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Observasi dan Eksplorasi Peserta didik mampu mengeksplorasi karakteristik produk, prototype/dummy/model untuk menyusun rancangan produk rekayasa teknologi terapan yang bernilai ekonomis berdasarkan penelitian dan analisis kebutuhan, kelayakan, kajian ilmiah, serta dampak lingkungan.
2 Desain/Perencanaan Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy/prototype gambar teknik rekayasa
teknologi terapan dari hasil mengeksplorasi bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan serta memperhatikan potensi pasar, dampak lingkungan dan sumber daya yang tersedia.
3 Produksi Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa teknologi terapan sesuai dengan
rancangan/desain/proposal berdasarkan analisis ilmiah, ekonomi, teknologi serta melalui uji coba produk dan/atau modifikasi bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan yang berdampak pada lingkungan maupun kehidupan sehari-hari serta mempresentasikannya.
4 Refleksi dan Evaluasi Peserta didik mampu memberi penilaian, argumentasi dan rekomendasi produk rekayasa teknologi terapan karya teman sendiri maupun dari sumber yang lain
serta merefleksikan terhadap karya ciptaannya berdasarkan kajian ilmiah, analisis ekonomi, teknologi dan dampak lingkungan terhadap ciptaannya.

Sedangkan satu bidang yaitu pengolahan masih merujuk pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemenristek Nomor 008/H/KR/2023 Tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Jenjang DIKDAS dan DIKMEN pada Kurikulum Merdeka, Tanggal 15 Februari 2022, sebagai berikut :

  • BIDANG PENGOLAHAN, Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengembangkan dan/atau menciptakan produk olahan pangan higienis nusantara dan/atau mancanegara atau produk non pangan berdasarkan proposal rancangan usaha melalui analisis kebutuhan, kelayakan pasar, dan kajian ilmiah, serta mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media sosial virtual maupun visual. Pada fase ini, peserta didik mengevaluasi dan memberikan kritik serta solusi pengembangan produk olahan pangan dan non pangan sesuai dengan nilai kewirausahaan/dampak lingkungan/teknologi tepat guna. Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut :
NO ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Observasi dan Eksplorasi Peserta didik mampu mengeksplorasi produk olahan pangan higienis nusantara dan atau mancanegara atau produk non pangan yang bernilai ekonomis dari berbagai sumber, berdasarkan analisis ekonomi, teknologi, penyajian, dan pemasaran.
2 Desain/Perencanaan Peserta didik mampu menyusun rencana dalam bentuk proposal pembuatan produk
olahan pangan higienis atau produk nonpangan berdasarkan kajian ilmiah, teknologi,
dan analisis usaha sesuai potensi nusantara dan atau mancanegara dan hasil eksplorasi.
3 Produksi Peserta didik mampu mengembangkan produk olahan pangan higienis nusantara dan atau mancanegara atau produk non pangan berbasis usaha berdasarkan proposal dan ditampilkan dalam bentuk penyajian dan pengemasan yang kreatif-inovatif serta
bertanggung jawab mempromosikan secara visual dan virtual.
4 Refleksi dan Evaluasi Peserta didik mampu memberikan penilaian, argumentasi dan rekomendasi produk
pengolahan pangan higienis atau produk nonpangan berdasarkan kajian mutu, teknologi pangan dan ekonomi, serta dampak lingkungan/budaya.

LINK : CP 2022, CP 2023