Tulisan ini merupakan resume dari Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang dilakukan secara mandiri melalui platform Sista Praja Provinsi Jawa Barat. Materi yang diajarkan terdiri dari : Pengantar Transformasi Pendidikan, Pengantar TIK dalam Pembelajaran, Pengantar Model Pembelajaran, Pengantar Desain Video Pembelajaran dan RTL berupa Pembuatan Video Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah istilah yang mengacu pada teknologi yang digunakan untuk mengelola, menyimpan, dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi dan komunikasi sudah dimulai sejak zaman pra sejarah. Bentuk awal komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu penelitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan hidup manusia.
Komponen-komponen Pendukung TIK, meliputi :
- Perangkat Keras, komponen penting dalam pengoperasian komputer. Tanpa hardware yang tepat, perangkat lunak tidak akan memiliki platform untuk berjalan dan menjalankan tugas-tugasnya. Adapun empat fungsi utama dari hardware, yakni :
- Menerima Input, Perangkat keras tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru, seperti : Keyboard, Mouse, Microphone, Webcam
- Mengolah Data/Informasi, Setelah menerima masukan atau input, beberapa perangkat keras memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru, seperti : CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphics Adapter), RAM (Random Access Memory)
- Memberikan Output, Setelah diproses, perangkat keras tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui perangkat keras khusus, seperti : Monitor computer, Proyektor, Printer
- Menyimpan Data/Informasi, Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada computer, seperti : hardisk, flashdisk
- Perangkat Lunak, merupakan sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan dikendalikan oleh perangkat komputer. Data elektronik meliputi instruksi atau program yang nantinya akan menjalankan perintah khusus, seperti : OS, Driver, Antivirus
- Jaringan, sebuah sistem yang menghubungkan antar perangkat komputer sehingga memungkinkan mereka untuk saling bertukar informasi dan sumber daya, seperti : LAN, WAN, Internet
Model Pembelajaran Interaktif menggabungkan teknologi dan komunikasi dua arah untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, sehingga :
- Memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa.
- Mendorong siswa untuk aktif berpikir dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam.
- Memfasilitasi kolaborasi dan diskusi antara sesama siswa.
- Mendukung visi Merdeka Belajar dengan memberdayakan siswa dalam proses belajar mereka.
- Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Manfaat Model Pembelajaran Interaktif antara lain mengajak siswa berpikir kritis Meningkatkan rasa ingin tahu siswa Mengeksplorasi proses belajar Pembelajaran lebih bermakna Siswa belajar menyenangkan. Strategi Implementasi Model Pembelajaran, meliputi :
- Penerapan Teknik Pembelajaran
- Menggunakan beragam teknik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan materi pelajaran.
- Pengembangan Materi Pembelajaran
- Merencanakan materi pembelajaranyang sesuaidengan karakteristiksiswa dan tujuan pembelajaran
Media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Tiga kategori video pembelajaran, yaitu :
- Video Proses Pembelajaran, Jenis video ini cenderung menunjukkan pada tahapan proses pembelajaran. Misalkan Video pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry
- Video Best Practice, Video yang menayangkan pengalaman praktik baik dalam memecahkan suatu permasalahan
- Video Content Base, video dalam bentuk tutorial atau penjelasan topik pembelajaran
Struktur Video Pembelajaran, meliputi :
- Salam Pembuka : “Assalamu’alaikum wr.wb. Perkenalkan saya Yuniarto Triadi Guru PKWU di SMAN 1 Cigombong”
- Pemantik / Masalah : “Tahukah anda ? ad acara mudah untuk membuat perencanaan usaha selain dengan proposal? Mau tahu…….. Yuk simak penjelasan berikut.”
- Kajian Materi : “Dalam membuat perencanaan usaha banyak metodenya, daalam kesempatan ini akan kita bahas mengenai BMC “
- Penguatan / Simpulan : “BMC merupakan metode perencanaan usha yang terdiri dari 9 komponen dalam satu kanvas sehingga memudahkan dalam menganalisanya”
- Salam Penutup : “Sampai jumpa di pembahasan unik selanjutnyaa… Salam PKWU Cuan Cuan Cuan Wassalau’alaikum
Komponen Storyboard Video Pembelajaran, terdiri dari :
- Deskripsi;
- Judul;
- Kode Storyboard;
- Durasi
- Tabel skenario
LAMPIRAN :