Literasi merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, mencipta, mengkomputasi, dan berkomunikasi menggunakan simbol visual, auditori, dan digital mengenai topik lintas disiplin dan keilmuan (ILA,2016). Dalam era digital bentuk teks meliputi multimoda, antara lain : poster, pertandingan sepak bola, siaran berita, tabel, grafik, lagu, film, sosmed,dll. Dengan demikian literasi melingkupi ketrampilan memahami teks dan konteks secara menyeluruh.
Dalam rapor pendidikan literasi dimaknai sebagai peserta didik memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat, yang dibagi dalam 2 kompetensi yaitu : Kompetensi Membaca Teks Informasi (Non Fiksi) dan Teks Sastra (Fiksi), serta mempunyai 4 jenjang kemampuan literasi, yaitu :
Sedangkan indikator level kemampuan literasi, dikelompokkan menjadi 3, yaitu :
- Level 1 (L1) : Kompetensi Mengakses dan Menemukan Isi Teks
- Level 2 (L2) : Kompetensi Menginterpretasi dan Memahami Isi Teks
- Level 3 (L3) : Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksikan Isi Teks
Rapor pendidikan digunakan secara bijak untuk mengidentifikasi kemampuan literasi satuan pendidikan untuk refleksi dalam perbaikan pembelajaran
STUDI KASUS : PENGUATAN LITERASI MAPEL PKWU
- Dari hasil rapor pendidikan untuk kompetensi literasi diperoleh hasil sebagai berikut :
- Kategori Baik (82,22% siswa sudah mencapai kompetensi minimum)
-
Kompetensi Membaca Teks Informasi 70,51/100
-
Kompetensi Membaca Teks Sastra 73,83/100
-
Kompetensi Mengakses dan Menemukan Isi Teks (L1) 74,05/100
-
Kompetensi Menginterpretasi dan Memahami Isi Teks (L2) 71,13/100
-
Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksikan Isi Teks (L3) 66,41/100
- Penguatan literasi pada mapel PKWU, dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut :
- Mengakses bacaan teks informasi tentang pembuatan lilin di https://www.trie.my.id/pembuatan-lilin/
- Mengakses bacaan teks sastra tentang kisah 4 lilin kehidupan di https://www.islampos.com/kisah-4-lilin-kehidupan-182377/
- Untuk meningkatkan kompetensi level 1, level 2 dan level 3 dilakukan dengan praktik pembuatan lilin dan membuat laporan hasil praktik di https://www.trie.my.id/laporan-ujian-praktik/
- Hasil penguatan literasi di https://drive.google.com/file/d/13ZEgUUkddbGsFJJrkghP6oXsCQNq6mBs/view?usp=sharing
- Untuk mengetahui kemampuan literasi, dilakukan dengan survey kemampuan literasi di https://www.trie.my.id/survey-kompetensi-literasi/
Untuk Umpan Balik silahkan isi formulir dibawah ini atau lihat disini…… :